MSI telah mengumumkan GPU seri RTX 3000 yang kompatibel dengan Mini-ITX

Seri kartu grafis Nvidia GeForce RTX 30 saat ini berisi beberapa GPU paling kuat di pasaran, berbagi mahkotanya dengan jajaran AMD ‘Big Navi’. Untuk menampung kekuatan itu, ukuran kartu video perlu mengakomodasi ventilasi dan pendinginan, yang sejauh ini menghasilkan beberapa perangkat keras yang cukup tebal.

Ini tidak ideal untuk penggemar rakitan PC super ringkas, tetapi untungnya MSI mengumumkan GeForce RTX 3060Ti Aero ITX, kartu grafis yang kompatibel dengan Mini-ITX untuk rig gaming bentuk kecil. Ini adalah GPU bertenaga Ampere pertama yang diumumkan untuk rakitan komputer mini, dan memiliki clock 1665 MHz serta dilengkapi dengan RAM GDDR6 8 GB.

Paket kecil yang kuat

Bagi siapa pun yang tidak terbiasa dengan ukuran motherboard, ada empat opsi yang biasanya Anda temukan di daftar online: ATX, E-ATX, MicroATX, dan Mini-ITX.

ATX adalah singkatan dari ‘Advanced Technology eXtended’ dan akan menjadi yang paling umum, yang diperkenalkan kembali pada tahun 1995 oleh Intel. Ini telah menjadi standar industri, dan juga dikenal sebagai ‘papan berukuran penuh’. E-ATX kurang umum dan umumnya tidak direkomendasikan karena kompatibilitas case, tetapi merupakan motherboard yang lebih besar yang dapat menampung CPU ganda dan hingga empat GPU.

MicroATX (atau mATX) diperkenalkan pada tahun 1997, menghapus beberapa fitur yang tidak penting dan mengurangi slot yang tersedia untuk membuat papan berukuran lebih kecil untuk rakitan yang ringkas. Bagi sebagian orang, itu tidak cukup kecil. Mini-ITX (Mini Information Technology eXtended) adalah motherboard terkecil yang tersedia dan muncul pada tahun 2001, awalnya dirancang untuk pembuatan home theater atau aplikasi tanpa kipas.